Jumat, 22 Maret 2013

pengertian wawancara



Wawancara merupakan salah satu teknik yang dilakukan untuk mendapatkan data atau informasi mengenai sesuatu yang berhubungan dengan apa yang kita butuhkan. Wawancara memiliki arti proses tanya jawab untuk mendapatkan informasi mengenai suatu hal dari orang lain yang menjadi narasumber dengan tema tertentu.  Untuk melakukan wawancara tidaklah sulit bagi pelajar, dengan adanya niat dan keinginan yang kuat. Proses wawancara pun akan dengan mudah terlaksana.
Pada saat mendengarkan sebuah wawancara, kita harus benar-benar cermat menyimak hal-hal penting yang terdapat dalam informasi tersebut. Karena dalam wawancara tidak keseluruhan informasi yang dibicarakan merupakan hal yang pokok.  Informasi yang disampaikan oleh narasumber biasanya berupa gagasan maupun pendapat. Nah, agar proses wawancara bisa berjalan dengan lancar. Pewawancara harus memilih narasumber yang tepat sesuai dengan bidang dan topik dalam wawancara.
Misalnya, kita akan berwawancara dengan tema “kesehatan”. Maka narasumber yang kita pilih harus sesuai dengan bidangnya yakni kesehatan. Kita juga dapat mewawancarai petugas kesehatan, perawat, dokter, maupun bidan. Jika narasumber sesuai dengan bidangnya, dengan demikian kita juga dengan mudah memperoleh informasi sebanyak mungkin mengenai tema “kesehatan”. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar