STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB
1. Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah
Tsanawiyah (MTs)
A.
Latar Belakang
Agama
memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi
pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan
bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat
manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi
menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di
lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan
Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta
didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral
sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup
pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan
nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif
kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan
pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya
mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti
tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan
manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan
untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling
menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial.
Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan
jenjang persekolahan yang secara
nasional ditandai dengan ciri-ciri:
- lebih
menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan
materi;
- mengakomodasikan
keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
- memberiklan
kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan
strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian
sumber daya pendidikan. Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode
pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian
seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan.
Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam
mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SMP/MTs
bertujuan untuk:
1.
menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan
pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman
peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus
berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2. mewujudkan manuasia Indonesia yang taat
beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin
beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi
(tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan
budaya agama dalam komunitas sekolah.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Al Qur’an dan Hadits
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh dan Kebudayaan Islam.
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan,
keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan
manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan
hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII,
Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah
dan ”Al”Qomariyah
|
1.1 Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al”
Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
1.2 Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan
”Al”Qomariyah
1.3 Menerapkan bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan
”Al”Qomariyah dalam bacaan surat-surat
Al-Qur’an dengan benar
|
Aqidah
2. Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT
melalui pemahaman sifat-sifatNya
|
2.1 Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang
berkaitan dengan sifat-sifat Allah
2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an
yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT
2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT
2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin
keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT
|
3. Memahami Asmaul Husna
|
3.1 Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an
yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
3.2 Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul
Husna
|
Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1 Menjelaskan pengertian tawadhu, ta’at,
qana’ah dan sabar
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
4.3 Membiasakan perilaku tawadhu, ta’at,
qana’ah dan sabar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
5.
Memahami ketentuan – ketentuan thaharah (bersuci)
|
5.1 Menjelaskan ketentuan –ketentuan mandi
wajib
5.2 Menjelaskan perbedaan hadas dan
najis
|
6. Memahami tatacara shalat
|
6.1 Menjelaskan ketentuan –ketentuan shalat
wajib
6.2 Memperaktikkan shalat wajib
|
7. Memahami tatacara shalat jamaah dan
munfarid (sendiri)
|
7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah
dan munfarid
7.2 Memperaktikkan shalat jama’ah dan shalat
munfarid
|
Tarikh dan kebudayaan Islam
8. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW
|
8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW
8.2 Menjelaskan misi nabi
Muhammad untuk semua manusia dan
bangsa
|